18.4.19

Bisnis Waralaba Laundry Kian Diminati

Tags

Peluang usaha waralaba laundry: Bisnis waralaba (franchise) kini semakin dipertimbangkan oleh banyak pebisnis pemula, salah satunya adalah waralaba laundry.

Dengan beragam kepraktisannya, bisnis ini menjadi jenis bisnis yang menarik.
Tertarik dalam bisnis waralaba yang satu ini? Jangan lewatkan ulasannya berikut ini.



 Usaha Waralaba Laundry? Memangnya Menarik?
Bagi Anda yang baru memulai bisnis, tentunya usaha laundry terdengar cukup asing di telinga. Mengingat masih banyak ibu rumah tangga yang mengandalkan mesin cuci, usaha ini tampak seperti tidak ada prospeknya.

Namun siapa sangka, usaha laundry atau cuci baju kiloan dewasa ini semakin menjamur di beberapa kota besar Indonesia, terutama Jakarta dan sekitarnya.
Fenomena ini terjadi lantaran berubahnya gaya hidup masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah karena kesibukkannya.
Usaha ini pun mulai dilirik para pebisnis, terutama saat bisnis laundry sudah mulai merambah ke ranah waralaba. Dengan modal yang kecil, Anda sudah bisa mulai berbisnis laundry dengan sangat mudah.

Ketua Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI), Wasono Raharjo mengatakan bahwa usaha laundry memang usaha yang tepat untuk dilakukan jika Anda masih baru dalam berbisnis dan dengan modal yang terbatas.
Menurutnya, bisnis ini dapat dilakoni dengan modal awal sekitar Rp15 juta sampai Rp20 juta saja, sedangkan jika memilih untuk membeli usaha waralabanya membutuhkan sekitar Rp30 juta hingga Rp40 juta.
“Kalau pemula disarankan untuk membuka bisnis laundry dengan usaha sendiri, dengan modal hanya Rp15 juta hingga Rp20 juta. Sementara jika membeli dengan franchise bisa Rp30 juta hingga Rp40 juta per gerai.”

Beliau pun menambahkan, bahwa usaha yang satu ini memang sangat menarik bagi para pebisnis pemula, mengingat market share industri laundry sangat menjanjikan.
Market laundry tidak ada matinya. Tahun ini saja pertumbuhannya sekitar 30-40 persen, di mana dua tahun lalu sudah ada bisnis laundry khususnya kiloan sekitar 412 di Jabodetabek.”

Merangkum pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa usaha laundry memiliki 2 keunggulan utama, yakni membutuhkan modal yang relatif kecil dan memiliki peluang usaha sangat besar dengan market share yang menjanjikan.


Bagaimana? Ternyata usaha laundry ini menarik bukan? Bagi Anda yang tertarik pada usaha yang satu ini, yuk simak beberapa alternatif waralaba yang bisa Anda lirik.

Alternatif Waralaba Laundry

Pebisnis memang tidak henti-hentinya mencari peluang bisnis, termasuk salah satunya usaha laundry.
Usaha yang bergerak di bidang jasa ini melihat peluang bisnisnya saat masyarakat mulai berubah gaya hidupnya, dari ibu rumah tangga kini menjadi pebisnis dan wanita karier.
Tentunya, ini membuka peluang bisnis bagi ibu rumah tangga yang tidak sempat mencuci dan menyetrika baju sendiri karena sibuk bekerja di luar rumah.
Sayangnya, memulai usaha laundry dari nol kerap diurungkan oleh pebisnis pemula. Mereka takut memulai bisnis dari nol. Namun, kabar baiknya adalah kini sudah banyak usaha waralaba laundry yang bisa Anda pilih lho.
Nah, bagi Anda yang juga mau terjun ke usaha laundry ini, Finansialku sudah menyiapkan alternatif usaha waralaba laundry yang siap Anda pilih. Berikut ulasannya:

#1 PT Kliknklin Digital Nusantara (LaundryKlin)

LaundyKlik atau PT Kliknklin Digital Nusantara merupakan sebuah industri layanan jasa cuci pakaian pertama yang menggunakan aplikasi online.

Menurut Head of Sales LaundryKlin, Erni Fridayati aplikasi tersebut bisa di akses di iOS dan Play Store dengan nama KliknKlin.

Keunikan inilah yang membawa LaundryKlin pada kesuksesannya dalam usaha laundry.
Terbukti selama tiga tahun sejak berdiri pada 2015, LaundryKlin telah memiliki sekitar 45 outlet dengan 250 mitra yang tersebar di 11 kota besar di seluruh Indonesia, yaitu Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Jambi, Palembang, hingga Banjarmasin.



Saat ini, LaundryKlin membuka peluang kemitraan agar masyarakat luas bisa mencicipi kesuksesan bisnis laundry ini.
“Kenapa kita pilih bisnis laundry karena orang bisa bikin bisnis laundry tapi tidak punya sistem. Nah kami di sini menyediakan sistemnya. Kita ngebantu setiap customer yang mungkin dia enggak bisa datang secara walk in ke outlet jadi bisa order by online.”

Erni pun mengungkapkan bahwa paket waralaba yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari sistem agen dengan modal awal sekitar Rp15 juta hingga ada paket yang Rp560 juta.

#2 Simply Fresh Laundry

Simply Fresh Laundry merupakan jasa layanan cuci dan setrika yang telah berdiri sejak 2006 hingga kini.
Dalam 13 tahun, Simply Fresh telah berkembang menjadi perusahaan dengan 253 outlet lebih tersebar di seluruh Indonesia.
Simply Fresh Laundry selalu memberikan pelayanan yang terbaik di bidangnya dengan berbagai benefit.
Misalnya saja, konsep Simply Fresh Laundry yang menawarkan jasa layanan cuci dan setrika berdasarkan jumlah berat (kg) cucian konsumen, sehingga harga yang ditawarkan lebih murah dari jasa layanan laundry yang sudah ada, namun tetap mengutamakan kualitas.
Simply Fresh juga turut merambah ke waralaba, sehingga Anda bisa menjadi mitra bisnis laundry ini dengan praktis.
Adapun beberapa paket waralaba yang ditawarkan Simply Fresh Laundry melansir dari Simplyfreshlaundry.com antara lain sebagai berikut:
Franchise Simply FreshBusiness Opportunity (BO)
Nilai InvestasiMulai dari Rp114 jutaMulai dari Rp45 juta
Sistem Kerja SamaSistem franchise selama 5 tahunPersiapan pembukaan outlet dan pelatihan operasional laundry
Initial Support (Location)Survei lokasi dengan mempertimbangkan beberapa aspek segi demography, karakteristik penduduknya dan segmentasi pasar.
Lokasi minimal 40 m² dengan listrik minimal 6600 watt
Survei lokasi secara umum.
Lokasi minimal 20 m² dengan listrik minimal 3500 watt
Initial Support (Pre-Opening)Diberikan konsultasi layoutrecruitmentdesain interior sesuai standard outlet Simply Fresh LaundryAwal pembukaan outlet
Pasca OpeningSupportpra launching, diberikan supervise launchingTraining pembukaan outlet


#3 The Daily Wash (Laundromat)

The Daily Wash (Laundromat) sudah berkembang selama 5 tahun terakhir di Indonesia.
Di Amerika sendiri, tempat asalnya, bisnis ini sudah ada sejak tahun 1947, dan sekarang ada total sekitar 30.000 Laundromat di seluruh Amerika. Di Jepang ada 12.000 Laundromat dan di Taiwan lebih dari 1.000.



Di Indonesia, Laundromat bertumbuh hingga mengembangkan konsep business opportunity pada tahun 2017 silam.
Ingin sukses bersama Laundromat? Simak beberapa paket waralabanya berikut ini:

Nama PaketFasilitas
Paket Dahsyat 1
  • 3 unit stacked washer dryer kapasitas 10,5kg
  • 1 unit stacked dryer kapasitas 10,5kg
  • 1 unit coin changer unit
Paket Dahsyat 2
  • 4 unit light softmount washer kapasitas 10,5kg
  • 3 unit stacked dryer kapasitas 10,5kg
  • 1 unit coin changer unit
Paket Dahsyat 3
  • 4 unit stacked washer dryer kapasitas 10,5kg
  • 1 unit stacked dryer kapasitas 10,5kg
  • 1 unit coin changer unit
Paket Dahsyat 4
  • 3 unit stacked washer dryer kapasitas 10,5kg
  • 1 unit tumbler dryer kapasitas 23kg
  • 1 unit washer extractor kapasitas 18kg
  • 1 unit coin changer unit
Paket Dahsyat 5
  • 3 unit single washer ss kapasitas 10,5kg
  • 2 unit stacked tumbler dryer kapasitas 14kg
  • 1 unit washer extractor kapasitas 18kg
  • 1 unit coin changer unit


Tips Mengembangkan Usaha Laundry

Bagi Anda yang kini makin tertarik mengembangkan usaha laundry ini, Finansialku ingin berbagi sedikit tips mengembangkan usaha tersebut.
Yuk kita simak ulasannya berikut ini:


#1 Komunikasi Aktif

Pertama-tama, karena bergerak di bidang jasa, maka usaha laundry harus disertai dengan komunikasi yang aktif dengan para pelanggannya. Hal ini disebabkan Anda bukan menjual produk, melainkan jasa.
Pada usaha berbasis jasa, maka kualitas pelayanan adalah yang paling utama. Hanya dengan cara ini Anda bisa memperoleh loyalitas konsumen.
Dengan demikian, selalu layani konsumen dengan komunikasi 2 arah yang baik.

#2 Utamakan Kualitas

Selain selalu memberikan pelayanan yang terbaik, Anda tidak boleh berhenti menjaga kualitas.
Hal ini disebabkan Anda merupakan pemegang usaha waralaba, sehingga konsumen mengharapkan kualitas yang sama di cabang mana pun mereka berada.



Jadi, jangan hancurkan kredibilitas brand yang sudah Anda pegang dan selalu utamakan kualitas pelayanan Anda.
Jangan lupa terima setiap keluhan dan masukan dari konsumen untuk terus memperbaiki layanan Anda ke depannya.
Kritik bukanlah keluhan yang selalu berarti negatif, namun keluhan pelanggan merupakan hal positif yang bisa dijadikan masukan yang membangun.

#3 Jangan Lupakan Pemasaran

Dalam berbisnis, pemasaran adalah salah satu komponen yang tidak boleh dilupakan. Kegiatan promosi yang menarik, pemberian diskon, hingga layanan plus seperti layanan antar jemput laundry bisa Anda jadikan ide pemasaran Anda.
Apabila Anda sudah memperoleh strategi pemasaran dari pemilik waralaba, tanyakan batasan pemasaran tersebut.

Dengan demikian, Anda bisa tahu sebatas mana Anda boleh mengubah atau menambah pemasaran sesuai kreativitas Anda.

Sumber Referensi:
  • Novita Intan Sari. 12 Maret 2015. Mengintip Untung Rugi Bisnis Laundry Franchise dan Mandiri. Merdeka.com – https://bit.ly/2D7naPe
  • Admin. 23 November 2018. Punya Peluang Besar, Bisnis Waralaba Laundry Mulai Dilirik. Viva.co.id – https://bit.ly/2U9CRvh
  • Admin. Pilihan Paket Investasi. Simplyfreshlaundry.com – https://bit.ly/2IdsJ33
  • Admin. Paket Franchise The Daily Wash. Thedailywash.co.id – https://bit.ly/2UbG4u6
  • Rifki Suputra. 9 Oktober 2013. Tips Mengembangkan Usaha Waralaba Laundry.
  • https://www.finansialku.com/waralaba/

Peluang usaha waralaba laundry: Bisnis waralaba (franchise) kini semakin dipertimbangkan oleh banyak pebisnis pemula, salah satunya adalah waralaba laundry.

Dengan beragam kepraktisannya, bisnis ini menjadi jenis bisnis yang menarik.
Tertarik dalam bisnis waralaba yang satu ini? Jangan lewatkan ulasannya berikut ini.



 Usaha Waralaba Laundry? Memangnya Menarik?
Bagi Anda yang baru memulai bisnis, tentunya usaha laundry terdengar cukup asing di telinga. Mengingat masih banyak ibu rumah tangga yang mengandalkan mesin cuci, usaha ini tampak seperti tidak ada prospeknya.

Namun siapa sangka, usaha laundry atau cuci baju kiloan dewasa ini semakin menjamur di beberapa kota besar Indonesia, terutama Jakarta dan sekitarnya.
Fenomena ini terjadi lantaran berubahnya gaya hidup masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah karena kesibukkannya.
Usaha ini pun mulai dilirik para pebisnis, terutama saat bisnis laundry sudah mulai merambah ke ranah waralaba. Dengan modal yang kecil, Anda sudah bisa mulai berbisnis laundry dengan sangat mudah.

Ketua Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI), Wasono Raharjo mengatakan bahwa usaha laundry memang usaha yang tepat untuk dilakukan jika Anda masih baru dalam berbisnis dan dengan modal yang terbatas.
Menurutnya, bisnis ini dapat dilakoni dengan modal awal sekitar Rp15 juta sampai Rp20 juta saja, sedangkan jika memilih untuk membeli usaha waralabanya membutuhkan sekitar Rp30 juta hingga Rp40 juta.
“Kalau pemula disarankan untuk membuka bisnis laundry dengan usaha sendiri, dengan modal hanya Rp15 juta hingga Rp20 juta. Sementara jika membeli dengan franchise bisa Rp30 juta hingga Rp40 juta per gerai.”

Beliau pun menambahkan, bahwa usaha yang satu ini memang sangat menarik bagi para pebisnis pemula, mengingat market share industri laundry sangat menjanjikan.
Market laundry tidak ada matinya. Tahun ini saja pertumbuhannya sekitar 30-40 persen, di mana dua tahun lalu sudah ada bisnis laundry khususnya kiloan sekitar 412 di Jabodetabek.”

Merangkum pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa usaha laundry memiliki 2 keunggulan utama, yakni membutuhkan modal yang relatif kecil dan memiliki peluang usaha sangat besar dengan market share yang menjanjikan.


Bagaimana? Ternyata usaha laundry ini menarik bukan? Bagi Anda yang tertarik pada usaha yang satu ini, yuk simak beberapa alternatif waralaba yang bisa Anda lirik.

Alternatif Waralaba Laundry

Pebisnis memang tidak henti-hentinya mencari peluang bisnis, termasuk salah satunya usaha laundry.
Usaha yang bergerak di bidang jasa ini melihat peluang bisnisnya saat masyarakat mulai berubah gaya hidupnya, dari ibu rumah tangga kini menjadi pebisnis dan wanita karier.
Tentunya, ini membuka peluang bisnis bagi ibu rumah tangga yang tidak sempat mencuci dan menyetrika baju sendiri karena sibuk bekerja di luar rumah.
Sayangnya, memulai usaha laundry dari nol kerap diurungkan oleh pebisnis pemula. Mereka takut memulai bisnis dari nol. Namun, kabar baiknya adalah kini sudah banyak usaha waralaba laundry yang bisa Anda pilih lho.
Nah, bagi Anda yang juga mau terjun ke usaha laundry ini, Finansialku sudah menyiapkan alternatif usaha waralaba laundry yang siap Anda pilih. Berikut ulasannya:

#1 PT Kliknklin Digital Nusantara (LaundryKlin)

LaundyKlik atau PT Kliknklin Digital Nusantara merupakan sebuah industri layanan jasa cuci pakaian pertama yang menggunakan aplikasi online.

Menurut Head of Sales LaundryKlin, Erni Fridayati aplikasi tersebut bisa di akses di iOS dan Play Store dengan nama KliknKlin.

Keunikan inilah yang membawa LaundryKlin pada kesuksesannya dalam usaha laundry.
Terbukti selama tiga tahun sejak berdiri pada 2015, LaundryKlin telah memiliki sekitar 45 outlet dengan 250 mitra yang tersebar di 11 kota besar di seluruh Indonesia, yaitu Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Jambi, Palembang, hingga Banjarmasin.



Saat ini, LaundryKlin membuka peluang kemitraan agar masyarakat luas bisa mencicipi kesuksesan bisnis laundry ini.
“Kenapa kita pilih bisnis laundry karena orang bisa bikin bisnis laundry tapi tidak punya sistem. Nah kami di sini menyediakan sistemnya. Kita ngebantu setiap customer yang mungkin dia enggak bisa datang secara walk in ke outlet jadi bisa order by online.”

Erni pun mengungkapkan bahwa paket waralaba yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari sistem agen dengan modal awal sekitar Rp15 juta hingga ada paket yang Rp560 juta.

#2 Simply Fresh Laundry

Simply Fresh Laundry merupakan jasa layanan cuci dan setrika yang telah berdiri sejak 2006 hingga kini.
Dalam 13 tahun, Simply Fresh telah berkembang menjadi perusahaan dengan 253 outlet lebih tersebar di seluruh Indonesia.
Simply Fresh Laundry selalu memberikan pelayanan yang terbaik di bidangnya dengan berbagai benefit.
Misalnya saja, konsep Simply Fresh Laundry yang menawarkan jasa layanan cuci dan setrika berdasarkan jumlah berat (kg) cucian konsumen, sehingga harga yang ditawarkan lebih murah dari jasa layanan laundry yang sudah ada, namun tetap mengutamakan kualitas.
Simply Fresh juga turut merambah ke waralaba, sehingga Anda bisa menjadi mitra bisnis laundry ini dengan praktis.
Adapun beberapa paket waralaba yang ditawarkan Simply Fresh Laundry melansir dari Simplyfreshlaundry.com antara lain sebagai berikut:
Franchise Simply FreshBusiness Opportunity (BO)
Nilai InvestasiMulai dari Rp114 jutaMulai dari Rp45 juta
Sistem Kerja SamaSistem franchise selama 5 tahunPersiapan pembukaan outlet dan pelatihan operasional laundry
Initial Support (Location)Survei lokasi dengan mempertimbangkan beberapa aspek segi demography, karakteristik penduduknya dan segmentasi pasar.
Lokasi minimal 40 m² dengan listrik minimal 6600 watt
Survei lokasi secara umum.
Lokasi minimal 20 m² dengan listrik minimal 3500 watt
Initial Support (Pre-Opening)Diberikan konsultasi layoutrecruitmentdesain interior sesuai standard outlet Simply Fresh LaundryAwal pembukaan outlet
Pasca OpeningSupportpra launching, diberikan supervise launchingTraining pembukaan outlet


#3 The Daily Wash (Laundromat)

The Daily Wash (Laundromat) sudah berkembang selama 5 tahun terakhir di Indonesia.
Di Amerika sendiri, tempat asalnya, bisnis ini sudah ada sejak tahun 1947, dan sekarang ada total sekitar 30.000 Laundromat di seluruh Amerika. Di Jepang ada 12.000 Laundromat dan di Taiwan lebih dari 1.000.



Di Indonesia, Laundromat bertumbuh hingga mengembangkan konsep business opportunity pada tahun 2017 silam.
Ingin sukses bersama Laundromat? Simak beberapa paket waralabanya berikut ini:

Nama PaketFasilitas
Paket Dahsyat 1
  • 3 unit stacked washer dryer kapasitas 10,5kg
  • 1 unit stacked dryer kapasitas 10,5kg
  • 1 unit coin changer unit
Paket Dahsyat 2
  • 4 unit light softmount washer kapasitas 10,5kg
  • 3 unit stacked dryer kapasitas 10,5kg
  • 1 unit coin changer unit
Paket Dahsyat 3
  • 4 unit stacked washer dryer kapasitas 10,5kg
  • 1 unit stacked dryer kapasitas 10,5kg
  • 1 unit coin changer unit
Paket Dahsyat 4
  • 3 unit stacked washer dryer kapasitas 10,5kg
  • 1 unit tumbler dryer kapasitas 23kg
  • 1 unit washer extractor kapasitas 18kg
  • 1 unit coin changer unit
Paket Dahsyat 5
  • 3 unit single washer ss kapasitas 10,5kg
  • 2 unit stacked tumbler dryer kapasitas 14kg
  • 1 unit washer extractor kapasitas 18kg
  • 1 unit coin changer unit


Tips Mengembangkan Usaha Laundry

Bagi Anda yang kini makin tertarik mengembangkan usaha laundry ini, Finansialku ingin berbagi sedikit tips mengembangkan usaha tersebut.
Yuk kita simak ulasannya berikut ini:


#1 Komunikasi Aktif

Pertama-tama, karena bergerak di bidang jasa, maka usaha laundry harus disertai dengan komunikasi yang aktif dengan para pelanggannya. Hal ini disebabkan Anda bukan menjual produk, melainkan jasa.
Pada usaha berbasis jasa, maka kualitas pelayanan adalah yang paling utama. Hanya dengan cara ini Anda bisa memperoleh loyalitas konsumen.
Dengan demikian, selalu layani konsumen dengan komunikasi 2 arah yang baik.

#2 Utamakan Kualitas

Selain selalu memberikan pelayanan yang terbaik, Anda tidak boleh berhenti menjaga kualitas.
Hal ini disebabkan Anda merupakan pemegang usaha waralaba, sehingga konsumen mengharapkan kualitas yang sama di cabang mana pun mereka berada.



Jadi, jangan hancurkan kredibilitas brand yang sudah Anda pegang dan selalu utamakan kualitas pelayanan Anda.
Jangan lupa terima setiap keluhan dan masukan dari konsumen untuk terus memperbaiki layanan Anda ke depannya.
Kritik bukanlah keluhan yang selalu berarti negatif, namun keluhan pelanggan merupakan hal positif yang bisa dijadikan masukan yang membangun.

#3 Jangan Lupakan Pemasaran

Dalam berbisnis, pemasaran adalah salah satu komponen yang tidak boleh dilupakan. Kegiatan promosi yang menarik, pemberian diskon, hingga layanan plus seperti layanan antar jemput laundry bisa Anda jadikan ide pemasaran Anda.
Apabila Anda sudah memperoleh strategi pemasaran dari pemilik waralaba, tanyakan batasan pemasaran tersebut.

Dengan demikian, Anda bisa tahu sebatas mana Anda boleh mengubah atau menambah pemasaran sesuai kreativitas Anda.

Sumber Referensi:
  • Novita Intan Sari. 12 Maret 2015. Mengintip Untung Rugi Bisnis Laundry Franchise dan Mandiri. Merdeka.com – https://bit.ly/2D7naPe
  • Admin. 23 November 2018. Punya Peluang Besar, Bisnis Waralaba Laundry Mulai Dilirik. Viva.co.id – https://bit.ly/2U9CRvh
  • Admin. Pilihan Paket Investasi. Simplyfreshlaundry.com – https://bit.ly/2IdsJ33
  • Admin. Paket Franchise The Daily Wash. Thedailywash.co.id – https://bit.ly/2UbG4u6
  • Rifki Suputra. 9 Oktober 2013. Tips Mengembangkan Usaha Waralaba Laundry.
  • https://www.finansialku.com/waralaba/