26.3.19

Keuntungan Menggunakan Strategi Pemasaran Online

Bisnis online saat ini merupakan hal yang hampir seluruh orang pemilik usaha telah coba. Hal ini wajar saja, mengingat di masa kini kegiatan ekonomi sangat bergantung dengan teknologi dan online. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bagaimana strategi pemasaran bisnis online untuk pemula yang pas dan sesuai.

Menurut Google, di masa kini hampir 97% orang menggunakan Internet untuk mencari informasi. Dulu, bila Anda ingin membeli jaket model baru, Anda bisa datang ke toko atau mall untuk membeli langsung. Namun saat ini, kemudahan belanja tas online, ada di ujung jari anda. Salah satu faktor penyebab ini semua bisa terjadi adalah karena semakin banyak orang yang memahami strategi pemasaran online atau marketing online untuk bisnis online mereka. Anda hanya perlu mencari jaket yang Anda inginkan di search engine atau berbagai situs belanja online yang bisa membandingkan harga, kualitas dan review orang lain, bayar dan terima barang. Anda hanya tinggal duduk manis di rumah. Ini dinamakan ZMOT (Zero Moment of Truth), siapa yang paling mudah ditemukan di internet, berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Di Indonesia sendiri kesadaran untuk melebarkan sayap ke ranah online masih kurang. Contoh saja, ada lebih dari 55 juta UKM di Indonesia hingga hari ini, namun sadarkah Anda bahwa hanya sebagian kecil saja yang baru online? Jumlah ini terus bertambah mengingat semakin banyaknya orang yang memulai pemasaran online sendiri. Padahal jika dimaksimalkan, akan mendatangkan bayak customer atau pelanggan baru yang lebih banyak.

Apa Keuntungan Menggunakan Strategi Pemasaran Online?

1. Siap sedia 24 Jam dan 7 hari
Mari kita asumsi biaya untuk menggaji tenaga pemasar (marketing) adalah sekitar Rp 1.000.000,- per bulan, bekerja hanya 8 jam per hari. Dengan memiliki website bisnis online, artinya Anda akan punya tenaga pemasar yang bersedia bekerja selama 24 jam, dengan biaya yang jauh lebih murah! Anda juga mungkin akan setuju, bahwa tidak ada orang yang mau bekerja selama 24 jam, apalagi dengan biaya yang lebih murah, kan?

2. Jarak tidak lagi menjadi masalah
Di awal, kita mengambil contoh penjual jaket online. Bayangkan, jika Anda adalah penjual jaket tersebut, harus berkeliling kota mempromosikan produk jaket kulit Anda. Coba hitung berapa besar biaya pemasaran yang harus Anda keluarkan? Otomatis ini akan menambah harga tas bukan? Dengan memasarkan produk secara online, Anda bisa menggunakan Google AdWords atau Facebook untuk menampilkan iklan tas kulit, kepada ribuan orang yang tertarik pada tas, di kota yang Anda inginkan, hanya dengan biaya minimal Rp 10.000,- saja!

3. Lebih hemat Modal
Bayangkan jika anda menyewa ruko atau toko, Anda akan butuh minimal modal 10 sampai 30 juta rupiah per tahun nya. Sementara itu, jika Anda memulai bisnis online dengan modal website seharga lebih kecil dari 3 juta rupiah, Anda sudah bisa online dan berbisnis! Apalagi bila Anda mau belajar membuat website sendiri (membayar dengan tenaga dan waktu belajar), sudah pasti biayanya akan jauh lebih hemat. Jika Anda menjual jasa, calon konsumen bisa menghubungi Anda langsung dari website dan diskusi via telepon.

4. Bisa Bisnis di Mana Saja
Mungkin, Anda pernah mendengar cerita, banyak pebisnis yang menghasilkan omzet hingga ratusan juta samai milyaran rupiah per bulan hanya dengan bekerja dari rumah saja. Modalnya hanya smartphone, laptop & internet! Ada pula yang single fighter (seorang diri), ada juga yang memakai tim (customer service, dll). Bisa bekerja dimanapun, kapanpun.
Jawabannya adalah semua orang dan semua jenis bisnis. Karena sesuai dengan yang disampaikan Wikipedia bahwa inti bisnis adalah menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Pernahkah Anda mengetahui istilah “Pasar Bebas ASEAN” yang sudah diberlakukan beberapa waktu belakangan ini? Ya, setelah diberlakukannya kesepakatan pasar bebas antara negara-negara ASEAN, Anda bisa menjual produk Anda ke Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina atau negara di Asia Tenggara lainnya tanpa pungutan pajak dan berbagai biaya menyulitkan lainnya. Namun sekarang coba anda bayangkan, bila Anda tidak online, bagaimana mungkin produk Anda yang sangat bagus itu bisa diketahui oleh calon konsumen dari Indonesia? Terlebih bisa go Internasional dan dikenal negara ASEAN lainnya? Oleh karena itu memasarkan bisnis secara online ini sangat penting untuk pekerjaan apapun. Mulai dari menjual barang seperti baju, sepatu, tas, jaket dan lain-lain hingga penyedia jasa seperti dokter, kontraktor, insinyur dan lain-lain semuanya akan lebih efektif dan menguntungkan bila dipasarkan secara online.


Bisnis online saat ini merupakan hal yang hampir seluruh orang pemilik usaha telah coba. Hal ini wajar saja, mengingat di masa kini kegiatan ekonomi sangat bergantung dengan teknologi dan online. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bagaimana strategi pemasaran bisnis online untuk pemula yang pas dan sesuai.

Menurut Google, di masa kini hampir 97% orang menggunakan Internet untuk mencari informasi. Dulu, bila Anda ingin membeli jaket model baru, Anda bisa datang ke toko atau mall untuk membeli langsung. Namun saat ini, kemudahan belanja tas online, ada di ujung jari anda. Salah satu faktor penyebab ini semua bisa terjadi adalah karena semakin banyak orang yang memahami strategi pemasaran online atau marketing online untuk bisnis online mereka. Anda hanya perlu mencari jaket yang Anda inginkan di search engine atau berbagai situs belanja online yang bisa membandingkan harga, kualitas dan review orang lain, bayar dan terima barang. Anda hanya tinggal duduk manis di rumah. Ini dinamakan ZMOT (Zero Moment of Truth), siapa yang paling mudah ditemukan di internet, berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Di Indonesia sendiri kesadaran untuk melebarkan sayap ke ranah online masih kurang. Contoh saja, ada lebih dari 55 juta UKM di Indonesia hingga hari ini, namun sadarkah Anda bahwa hanya sebagian kecil saja yang baru online? Jumlah ini terus bertambah mengingat semakin banyaknya orang yang memulai pemasaran online sendiri. Padahal jika dimaksimalkan, akan mendatangkan bayak customer atau pelanggan baru yang lebih banyak.

Apa Keuntungan Menggunakan Strategi Pemasaran Online?

1. Siap sedia 24 Jam dan 7 hari
Mari kita asumsi biaya untuk menggaji tenaga pemasar (marketing) adalah sekitar Rp 1.000.000,- per bulan, bekerja hanya 8 jam per hari. Dengan memiliki website bisnis online, artinya Anda akan punya tenaga pemasar yang bersedia bekerja selama 24 jam, dengan biaya yang jauh lebih murah! Anda juga mungkin akan setuju, bahwa tidak ada orang yang mau bekerja selama 24 jam, apalagi dengan biaya yang lebih murah, kan?

2. Jarak tidak lagi menjadi masalah
Di awal, kita mengambil contoh penjual jaket online. Bayangkan, jika Anda adalah penjual jaket tersebut, harus berkeliling kota mempromosikan produk jaket kulit Anda. Coba hitung berapa besar biaya pemasaran yang harus Anda keluarkan? Otomatis ini akan menambah harga tas bukan? Dengan memasarkan produk secara online, Anda bisa menggunakan Google AdWords atau Facebook untuk menampilkan iklan tas kulit, kepada ribuan orang yang tertarik pada tas, di kota yang Anda inginkan, hanya dengan biaya minimal Rp 10.000,- saja!

3. Lebih hemat Modal
Bayangkan jika anda menyewa ruko atau toko, Anda akan butuh minimal modal 10 sampai 30 juta rupiah per tahun nya. Sementara itu, jika Anda memulai bisnis online dengan modal website seharga lebih kecil dari 3 juta rupiah, Anda sudah bisa online dan berbisnis! Apalagi bila Anda mau belajar membuat website sendiri (membayar dengan tenaga dan waktu belajar), sudah pasti biayanya akan jauh lebih hemat. Jika Anda menjual jasa, calon konsumen bisa menghubungi Anda langsung dari website dan diskusi via telepon.

4. Bisa Bisnis di Mana Saja
Mungkin, Anda pernah mendengar cerita, banyak pebisnis yang menghasilkan omzet hingga ratusan juta samai milyaran rupiah per bulan hanya dengan bekerja dari rumah saja. Modalnya hanya smartphone, laptop & internet! Ada pula yang single fighter (seorang diri), ada juga yang memakai tim (customer service, dll). Bisa bekerja dimanapun, kapanpun.
Jawabannya adalah semua orang dan semua jenis bisnis. Karena sesuai dengan yang disampaikan Wikipedia bahwa inti bisnis adalah menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Pernahkah Anda mengetahui istilah “Pasar Bebas ASEAN” yang sudah diberlakukan beberapa waktu belakangan ini? Ya, setelah diberlakukannya kesepakatan pasar bebas antara negara-negara ASEAN, Anda bisa menjual produk Anda ke Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina atau negara di Asia Tenggara lainnya tanpa pungutan pajak dan berbagai biaya menyulitkan lainnya. Namun sekarang coba anda bayangkan, bila Anda tidak online, bagaimana mungkin produk Anda yang sangat bagus itu bisa diketahui oleh calon konsumen dari Indonesia? Terlebih bisa go Internasional dan dikenal negara ASEAN lainnya? Oleh karena itu memasarkan bisnis secara online ini sangat penting untuk pekerjaan apapun. Mulai dari menjual barang seperti baju, sepatu, tas, jaket dan lain-lain hingga penyedia jasa seperti dokter, kontraktor, insinyur dan lain-lain semuanya akan lebih efektif dan menguntungkan bila dipasarkan secara online.