6.6.21

Contoh Surat Keterangan Gaji/Penghasilan

Contoh Surat Keterangan Gaji/Penghasilan

Surat keterangan gaji merupakan surat yang diberikan oleh perusahaan untuk karyawan terkait detail komponen gaji yang mereka terima setiap bulannya. Biasanya, surat ini digunakan oleh karyawan untuk beberapa keperluan tertentu. 

Misalnya, ketika mereka ingin meyakinkan pihak lain terkait gaji yang mereka terima. Biasanya, karyawan harus melampirkan surat keterangan gaji seperti saat mengajukan pinjaman, mengajukan KPR, dan lain sebagainya.

Sebelum mendapatkan surat ini, biasanya karyawan harus mengajukannya terlebih dahulu kepada perusahaan. Nantinya, perusahaan akan melampirkan surat keterangan tersebut yang dibuat khusus menyesuaikan keperluan karyawan.

Berikut ini akan diulas contoh surat keterangan gaji, penghasilan, dan cara membuatnya.

Komponen yang Terdapat Pada Surat Keterangan Gaji

Sebetulnya, tidak ada ketentuan yang baku ketika perusahaan membuat surat keterangan penghasilan untuk karyawan. Namun yang terpenting adalah di dalam surat tersebut karyawan dapat melihat nominal gaji mereka secara detail.


Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai isinya, berikut adalah komponen-komponen yang biasanya terdapat pada surat keterangan gaji karyawan:

Terdapat Rincian Gaji Karyawan

Hal paling umum dan terpenting dari surat keterangan gaji karyawan adalah rincian dari jumlah gaji yang diterima karyawan setiap karyawan.

Rincian tersebut terdiri dari beberapa komponen, di antaranya adalah gaji pokok, potongan PPh 21, serta tunjangan lainnya seperti uang makan, transportasi, pulsa, dan lain sebagainya. Sehingga jumlah akhir berupa pendapatan nett yang diterima karyawan setiap karyawan.

Disahkan oleh Pihak Perusahaan

Untuk membuat surat keterangan gaji menjadi sah, ia harus diketahui serta ditandatangani oleh pihak perusahaan. Dalam hal ini, biasanya bagian finansial serta HR lah yang bertanggungjawab mengesahkan surat tersebut.

Nantinya, di dalam surat ini akan mencantumkan nama dan jabatan dari pihak HR ataupun keuangan yang mengesahkan suratnya. Jangan lupa juga untuk melampirkan tanda tangan serta stempel perusahaan.

Mencantumkan Nama dan Jabatan Karyawan yang Mengajukan Surat

Selain dari pihak perusahaan, di dalam surat tersebut juga wajib dicantumkan nama lengkap serta jabatan pemohon surat. Hal ini untuk memberi keterangan bahwa benar karyawan tersebut memiliki gaji sebagaimana tercantum di surat tersebut.

Mencantumkan Tujuan Penggunaan Surat

Karena tujuan dari penggunaan keterangan gaji ini berbeda-beda untuk masing-masing karyawan, pihak HR selaku yang membuat surat ini juga harus mencantumkan penggunaannya.



Misalnya untuk mengajukan visa atau mengajukan pinjaman. Dengan begitu, surat benar-benar digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Apa Saja Fungsinya?

Berikut adalah beberapa fungsi dari surat keterangan gaji yang biasanya diajukan oleh karyawan ke perusahaan.

Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Meski umumnya karyawan mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan pada saat tidak bekerja atau pensiun, namun mereka juga bisa mencairkannya ketika masih bekerja.


Ketentuannya, mereka hanya bisa mencairkan 30% dari total keseluruhan dana JHT yang dimiliki. Biasanya, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan meminta slip gaji sebagai salah satu syarat yang harus dilampirkan ketika ingin melakukan pencairan dana.


Melamar Pekerjaan

Meski tidak semuanya, beberapa perusahaan mengharuskan para kandidat untuk turut melampirkan surat keterangan gaji mereka yang terbaru sebagai bagian dari proses verifikasi. Selain itu, lewat detail gaji karyawan tersebut, perusahaan juga bisa menentukan seberapa besar gaji mereka.


Pembuatan Visa

Beberapa negara mengharuskan warga negara Indonesia untuk melampirkan surat keterangan gaji sebagai salah satu syarat administrasi pembuatan visa. Syarat ini diterapkan untuk memastikan bahwa seseorang berkecukupan secara finansial untuk mengunjungi negara mereka.


Pengajuan Pinjaman atau Kartu Kredit

Sebelum menyetujui pengajuan, pihak bank membutuhkan seseorang untuk melampirkan surat keterangan gaji mereka untuk memastikan bahwa mereka dapat mengembalikan uang yang mereka pinjam sesuai dengan tenggat waktu dan syarat-syarat yang sudah disetujui sebelumnya.


Pendaftaran Beasiswa

Ketika seorang karyawan mengajukan beasiswa melalui jalur profesional, pihak universitas akan meminta surat tersebut ini sebagai salah satu syarat administrasi. Selain itu, dibutuhkan juga surat rekomendasi dari atasan sebagai syarat lainnya.


Contoh Surat Keterangan Gaji

Seorang karyawan dapat mengajukan permohonan surat keterangan gaji kepada pihak HR perusahaan. Meski tidak ada ketentuan terkait pembuatan suratnya, tapi Talenta akan memberikan contoh surat tersebut yang bisa Anda pakai sebagai referensi.


Berikut adalah contohnya.


Surat Keterangan Penghasilan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dudung Surudung

Jabatan: Direktur Keuangan

Menerangkan bahwa karyawan berikut ini


Nama: Mimin Surimin

Jabatan: Staf Digital Marketing

Adalah benar merupakan karyawan PT Warta-Usaha sejak April 2010 hingga saat ini. Ada pun perincian gaji Saudara Muhammad Simbadda setiap bulan, khususnya pada April 2020, adalah sebagai berikut:


Gaji Pokok: Rp8.000.000

Uang makan: Rp400.000

Transport: Rp200.000

Kesehatan: Rp100.000

Lain-lain: Rp250.000

Total Tunjangan: Rp 8.250.000

Surat keterangan penghasilan ini dibuat untuk dipergunakan oleh yang bersangkutan sebagai syarat pengajuan pinjaman di bank.


Jakarta, 25 Mei 2020

Agung Sulistyo

Direktur Keuangan

Itulah tadi beberapa penjelasan serta contoh terkait surat keterangan gaji.

28.5.21

Tantangan Mengelola Usaha Rumahan

 Tantangan mendasar yang dihadapi usaha kecil terutama usaha rumahan dapat disimpulkan dengan “terlalu banyak tugas, dengan tenag yang sedikit/terbatas.”

Tidak seperti perusahaan besar yang memiliki tim untuk mengerjakan tugas tertentu – usaha kecil, terkadang hanya memiliki satu orang yang melakukan segala sesuatunya.

Mengelola usaha kecil dimulai dengan bagan organisasi. Bagan ini merupakan alat berpikir yang berkembang dari waktu ke waktu, sehingga bisa digunakan sebagai media yang memungkinkan perubahan, seperti program spreadsheet.

Untuk memulainya, pikirkan area fungsi utama di perusahaan Anda. Saya akan membuatnya mudah untuk dipahami, mengapa ? Pada dasarnya semua perusahaan memerlukan hal yang sama: infrastruktur, penjualan dan kinerja.



Beberapa perusahaan mungkin memiliki tambahan divisi utama seperti R&D, marketing, legal, purchasing, dsb. Namun di bisnis yang lebih kecil, divisi tersebut menjadi bagian dari area utama atau infrastruktur.

Saat membuat bagan, buatlah daftar area fungsi utama. Dibawahnya, tulislah daftar tugas yang harus dilakukan.

Misalnya : tugas infrastruktur meliputi : mengatur ruang kantor, mengatur anggaran, membayar tagihan, penagihan, asuransi , payroll, perlengkapan kantor , perlengkapan kantor, administrasi jaringan dsb.

Ketika pertama kali membuat daftar tugas, mungkin Anda akan terkejut dengan jumlah tugas yang banyak, yang harus dilakukan untuk kelangsungan usaha. Jangan khawatir, bagan akan menjadi teman Anda. Ketika Anda melanjutkan melihat organisasi dan tugasnya, Anda akan mulai mendapatkan banyak ide bagaimana membuatnya lebih baik.


Kelola dan kelompokkan tugas yang dapat Anda kerjakan. Misalnya menyusun tugas secara kronologis, atau menurut kesamaan atau dengan sumber yang dibagi. Ini akan berlanjut ke tahap berikutnya : mendata sumber.


Sebuah sumber berperan dalam penyelesaian tugas. Akuntan eksternal Anda bisa jadi sumber sebuah daftar tugas. Seseorang didalam perusahaan bisa menjadi sumber untuk tugas tertentu. Jika Anda berpikir demikian, Anda mungkin juga akan mendata sumber non-manusia seperti link ke website, telepon dsb.

Jika Anda telah berjalan sejauh ini, Anda menuju ke arah panduan menciptakan sumber, yang merupakan batu loncatan dari prosedur manual.

Langkah terakhir dalam pembuatan bagan organisasi adalah menunjuk pihak yang bertanggung jawab untuk masing-masing area dan tugasnya.

Sekarang, lihat kembali bagan Anda. Apakah masuk akal? apakah terstruktur? apakah orang ditempatkan sesuai dengan skillnya demi efisiensi ? Apakah outsourcing tugas tertentu akan menguntungkan ?

Gunakan bagan untuk mengeksplor pertanyaan-pertanyaan tersebut, baik dengan karyawan maupun dengan sumber eksternal. Update bagan setiap enam bulan sekali dan bagikan pada tim. Dengan demikian akan memunculkan pertanyaan yang bagus, saling klarifikasi, dan memberikan kesan perusahaan berada dalam posisi untuk berkembang.


Oleh: Mark Meshulam

Sumber: www.powerhomebiz.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com

https://pengusahamuslim.com/677-mengelola-bisnis-rumahan.html


26.8.20

Cara, Syarat dan Biaya Pendirian CV

Pandemi Covid-19 saat ini selain menimbulkan berbagai dampak negatif diberbagai bidang, namun ternyata juga membawa hal-hal postif dengan semakin menggugahnya minat-minat orang untuk mendirikan usaha kecil-kecilan. Berbagai webinar dan pelatihan usaha secara online marak diadakan secara gratis, penawaran dan sumber-sumber permodalan usaha pun dibuka lebar. Jika Anda berencana membuka UMKM dengan modal terbatas namun usaha kita ingin memiliki legalitas yang biasanya dibutuhkan untuk mengakses permodalan dari lembaga-lembaga keuangan, maka pendirian CV menjadi solusi. Lalu bagaimana cara, syarat dan biaya pendirian CV, simak penjabaran yang kami kutip dari situs legalitaskita dot id berikut ini :

CV atau Persekutuan Komanditer merupakan suatu badan usaha yang tidak memiliki batas modal minimal dan belum memiliki badan hukum. Persyaratan pendirian nya pun relatif  mudah dan cepat dibanding dengan pendirian PT, proses ini akan berjalan lancar jika anda memahami persyaratan serta prosedur yang diperlukan.

Untuk mempermudah memahami dan mempelajari prosedur dan persyaratan yang dibutuhkan, simak prosedur persyaratannya berikut ini.

Apa itu CV?

CV merupakan kepanjangan dari Commanditaire Vennootschap atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan Persekutuan Komanditer. CV adalah sebuah persekutuan atau kerja sama yang didirikan oleh seorang yang mempercayakan uangnya atau barangnya kepada pihak lain untuk menjalankan sebuah usaha tersebut. Orang yang menjalankan perusahaan ini sekaligus bertugas sebagai pemimpin. Ada dua persekutuan dalam usaha dengan jenis CV, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif merupakan orang yang bertugas menjalankan usaha. Sekutu aktif ini berhak melakukan segala hal yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan termasuk perjanjian yang berhubungan dengan pihak ketiga. Sekutu aktif sering disebut dengan persero pengurus atau persero kuasa. Kedua, sekutu pasif merupakan sekutu yang menanamkan modalnya di dalam sebuah kerja sama. Dalam arti lain, apabila perusahaan mengalami kerugian, sekutu pasif ini hanya bertanggung jawab pada modal yang telah disertakan. Lalu, apabila perusahaan berhasil membuat keuntungan, sekutu pasif hanya mendapatkan modal yang sudah diberikan. Sekutu pasif juga tidak berhak ikut campur berkaitan dengan kepengurusan atau kegiatan usaha apa pun di dalam perusahaan.


Prosedur & Syarat Pendirian CV 2020

Setelah memahami apa itu CV seperti yang sudah dijelaskan di atas, selanjutnya kita bahas prosedur dan syarat pendirian CV di tahun 2020 ini. Seperti yang telah dijelaskan di atas, CV bukanlah badan hukum layaknya PT. CV tidak mempunyai kekayaan sendiri. CV juga mempunyai karakteristik unik yang mana hanya perlu didirikan oleh minimal 2 orang yang masing-masing pihak berperan sebagai satu sekutu aktif dan juga sekutu pasif.


Selain itu, berkaitan dengan modal CV, anggaran dasar tak disebutkan pembagiannya dalam syarat pendirian CV. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya kepastian pemisahan kekayaan CV dengan kekayaan pada pengusahanya. Dengan begitu, para sekutu harus membuat semacam perjanjian atau kesepakatan yang mengatur hal ini.


Ada berbagai dokumen yang diperlukan sebagai syarat pendirian CV. Ini merupakan bagian dari prosedur pendirian CV yang harus Anda penuhi. Berikut dokumen-dokumen yang diperlukan.


Akta Pendirian/Pembuatan CV

Surat Izin Usaha Perdagangan(SIUP)

Nomor Pokok Wajib Pajak(NPWP) Perusahaan

Tanda Daftar Perusahaan

Surat Keterangan Domisili Perusahaan(SKDP)

Pengesahan Pengadilan

Langkah-langkah Pendirian / Pembuatan CV 2020


Dokumen-dokumen yang diperlukan tersebut bisa disiapkan melalui proses tahapan berikut ini:


Total waktu sekitar: 60 hari


1. Pembuatan Akta Pendirian CV


Cara bikin CV sudah diatur dalam Pasal 16 hingga 35 KUHD atau Kitab Undang Undang Hukum Dagang. Dalam pasal 19 KUHD, dijelaskan bahwa harus ada minimal dua orang pendiri, yang sekutu aktif serta pasif. Akta merupakan salah satu syarat wajib untuk pendirian cv.  Anda harus menyiapkan beberapa dokumen berikut untuk pembuatan akta pendirian CV.


-Nama terang, pekerjaan, serta tempat tinggal masing-masing pendiri

-Penetapan nama yang akan dipakai untuk nama CV

-Keterangan tentang CV ( biasanya berisi maksud serta tujuan CV)

-Nama sekutu aktif yang berkuasa menandatangani surat perjanjian mengatasnamakan persekutuan.

-Masa mulai serta berlakunya CV.

-Pasal-pasal penting yang lain yang berhubungan dengan pihak ketiga sekaligus pendiri persekutuan.

-Pendaftaran akta ke Pengadilan Negeri pendirian harus disertai dengan tanggal

-Menetapkan kas CV khusus yang disediakan untuk pihak ketiga sebagai penagih. Jika telah kosong, tanggung jawab sekutu yang berlaku adalah tanggung jawab pribadi.

-Pengeluaran satu dan/ atau beberapa sekutu dari kewajiban dan juga hak dalam bertugas atas nama sebuah persekutuan.


Beberapa dokumen yang diperlukan untuk persetujuan dan penandatanganan oleh notaris yaitu :

-Fotokopi KTP masing-masing pendiri CV (Persero aktif & pasif)

-Fotokopi NPWP masing-masing pendiri CV (Persero aktif & pasif)

-Nama CV. Persyaratan nama CV bisa menggunakan 2 suku kata dan tidak wajib dalam Bahasa Indonesia.

-Foto pendiri perusahaan ukuran 3×4 berlatar belakang merah


Pada proses pembuatan akta dihadapan notaris, jika dokumen tersebut telah disetujui langkah selanjutnya adalah -penandatanganan akta oleh pendiri perusahaan dihadapan notaris. Selanjutnya, notaris akan membuat copy Akta dan mendaftarkan akta tersebut di Kemenkumham untuk mendapatkan Surat Keterangan (SK Kemenkumham). Dokumen ini akan diperlukan untuk langkah selanjutnya.


2. Membuat Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)


Setelah memperoleh akta pembuatan CV, selanjutnya Anda harus mendaftarkan akta tersebut ke Kepaniteraan Pengadilan Negeri setempat. Hal ini sesuai dengan pasal 23 dalam KUHD. Persyaratan lain yang harus dilengkapi untuk mendaftarkan Akta Pendirian CV adalah SKDP atau Surat Keterangan Domisili Perusahaan dan juga NPWP atas nama CV terkait.


Untuk mengurus SKDP, Anda bisa menghubungi kelurahan setempat yang sesuai dengan alamat domisili CV. Sebelumnya, Anda sudah harus menentukan di mana alamat domisili CV. Alamat domisili ini sesuai dengan keterangan yang ada dalam pendirian CV. Dokumen ini diajukan kepada kelurahan di tempat Anda tinggal. Hal ini sebagai bukti alamat perusahaan Anda.


-Formulir Pengajuan SKDP yang wajib diisi

-Pelampiran legalitas perusahaan (Akta Pendirian & SK Menkumham)-

-Surat keterangan domisili dari pemilik gedung/perkantoran

-Fotokopi PBB tahun terakhir sesuai domisili perusahaan

-Fotokopi surat kontrak/sewa kantor (tempat usaha) atau bukti kepemilikan tempat usaha

-Fotokopi IMB

-Foto gedung kantor, tampak dalam dan luar


Selanjutnya, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)  sebagai syarat pendirian cv bisa didapatkan melalui kantor pajak setempat. Kantor pajak harus sesuai dengan domisili CV.


3. Pembuatan NPWP Perusahaan


Pembuatan NPWP diajukan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) sesuai dengan domisili perusahaan. Selain mendapat NPWP, nantinya akan mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) sebagai wajib pajak, persyaratannya yaitu :


-Formulir pengajuan NPWP yang wajib diisi

-Pelampiran legalitas perusahaan (Akta Pendirian, SK Menkumham, dan SKDP)

-Fotokopi KTP, NPWP, dan KK pendiri perusahaan


NPWP dan SKT akan dikeluarkan oleh pihak KPP dengan persyaratan dokumen yang harus dilengkapi terlebih dahulu. KPP akan melakukan pengecekan sebelumnya untuk meyakinkan apakan data pendiri perusahaan sudah benar, dengan format NPWP pribadi yang terbaru dan tidak memiliki tunggakan pajak.



4. Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)


Setelah proses pendaftaran akta CV selesai, selanjutnya Anda harus mengurus izin usaha CV. Izin usaha ini disesuaikan dengan bidang usaha yang saat ini Anda jalankan. Ini juga menjadi salah satu tahapan yang tak boleh dilewatkan dalam memenuhi syarat pendirian CV.

Sebagai contoh, apabila usaha CV Anda berkaitan dengan bidang perdagangan, Anda perlu mengurus izin usaha berupa SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Pengurusan izin usaha ini bisa dilakukan di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP setempat. Anda juga bisa melakukannya di kantor perwakilan dinas yang terkait.

Untuk membuat SIUP ini bisa Anda lakukan ke Dinas perdagangan Kota atau Kabupaten tempat domisili perusahaan Anda. Ini untuk sekali usaha kecil dan menengah. Untuk golongan SIUP besar maka pembuatannya harus kepada Dinas Perdagangan di Provinsi. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut :


-Mengisi Formulir SIUP yang disediakan

-Menyertakan lampiran legalitas perusahaan seperti, SKDP, SK Menkumham, NPWP, dan Akta Pendirian)

-Pas foto pendiri perusahaan ukuran 3×4 (2 lembar) berwarna


5. Membuat Tanda Daftar Perusahaan (TDP)


Supaya proses buat CV lengkap, Anda juga wajib mengurus TDP. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) sekarang ini bisa diproses dengan mudah. Anda bisa melakukannya melalui sistem online. Caranya bagaimana?

Anda bisa memanfaatkan sistem OSS atau Online Single Submission. Proses pengurusan TDP secara online ini sesuai dengan PP Nomor 24 Tahun 2018. Untuk pembuatannya secara offline Anda bisa datang langsung ke Dinas Perdagangan di Kota Anda yang berada sesuai dengan domisili perusahaan dengan persyaratannya :

-Mengisi Formulir pengajuan SIUP

-Pelampiran legalitas perusahaan berupa, SK Menkumham, NPWP, TDP, Akta Pendirian, SKDP

-Pas foto owner perusahaan ukuran 3×4 berjumlah 2 lembar dan berwarna


6. Pengesahan Pengadilan


Setelah mendapatkan akta dari pihak notaris, tahapan selanjutnya yaitu mendaftarkan akta pendirian CV ke Pengadilan Negeri di wilayah kedudukan CV. Persyaratan pendaftarannya yaitu :


– Pelampiran SKDP dan NPWP dengan nama CV yang bersangkutan


Setelah pendaftaran berhasil, tinggal menunggu pengesahan dari Pengadilan Negeri. Jangka waktu proses pengurusan surat-surat yang diperlukan untuk perizinan tersebut biasanya selama kurun waktu kurang lebih 2 (dua) bulan.


Kisaran Biaya Pembuatan/ Pendirian CV

Tidak ada batasan standar mengenai biaya pendirian CV ini, akan tetapi kisaran biaya pendirian cv yang diperlukan tidak sampai lebih dari 10 juta rupiah, biaya ini pun masih bervariasi sesuai dengan layanan yang diinginkan. Diperkirakan biaya untuk pendirian CV pada tahun 2020 ini berkisar antara 3 juta – 8 juta rupiah.


Faktor yang menentukan besarnya biaya yang diperlukan yaitu berdasarkan lokasi domisili usaha yang akan berjalan, lama pengurusan pembuatan CV dan juga modal dasar dan bentuk usaha. Modal dasar ini menjadi penentu biaya yang harus dibayarkan, sebagai contoh biaya pendirian CV dalam negeri akan berbeda biaya nya dengan CV penanaman modal asing.

Itulah persyaratan membuat CV terbaru yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan mendirikan CV. Proses yang bisa terbilang cukup mudah dan cepat dan juga jika anda berkenan menggunakan jasa pembuatan CV bisa juga dilakukan dengan kisaran biaya yang telah disebutkan. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai bekal pengetahuan untuk anda.


KEUNTUNGAN SERTA KEKURANGAN PENDIRIAN CV

Sama seperti bidang usaha pada umumnya, mendirikan CV juga memiliki keuntungan dan kekurangan. Untuk memantapkan keinginan Anda dalam membuat CV, berikut adalah keuntungan dan juga kekurangan CV.


Keuntungan memilih CV sebagai jalan usaha:


Tidak membutuhkan modal yang besar dalam pengajuannya

Syarat pengajuan lebih mudah

Prosedur pengajuan lebih sederhana serta sebagian prosesnya bisa diurus secara online.

Kekurangan mendirikan CV:


Nama CV mungkin bisa sama dengan CV lain yang sudah terdaftar

Nama CV tak mendapatkan pengesahan dari Menkumham

CV hanya terdaftar di Pengadilan Negeri

Resiko usaha cv bisa sampai melibatkan harta pribadi.

Itulah prosedur pendirian CV yang bisa Anda lakukan sendiri. Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa proses ini akan mendapatkan hasil berupa Akta pendirian CV, surat domisili CV, NPWP sekaligus surat keterangan terdaftar wajib pajak, pendaftaran ke Pengadilan Negeri setempat, SIUP, dan juga TDP. Semuanya harus lengkap.

22.8.20

Bagaimana Peluang dan Analisa Usaha Frozen Food?

Makanan beku  atau istilah kerennya Frozen Food menjadi salah satu makanan yang praktis dan mudah dalam penyajiannya. Seperti diketahui sesuatu yang praktis , apalagi soal makanan memang menjadi pilihan masyarakat modern saat ini. 

Frozen food digemari masyarakat mulai anak-anak hingga orang dewasa. Terutama bagi ibu rumah tangga yang tak memiliki waktu luang dalam memasak, sajian frozen food menjadi pilihan pas untuk menyuguhkan hidangan santapan lezat bagi keluarga. Peminat frozen food dipasaran terbilang tinggi sehingga membuat kebutuhan frozen food terus meningkat. 

Peluang usaha frozen food dapat dikatakan sangat bagus dan cerah mengingat pemintaan frozen food yang terus melambung. Meski bisnis frozen food telah lama hadir namun hingga sekarang bisnis frozen food masih saja masuk kategori bisnis yang patut diperhitungkan. Untung yang didapat lewat bisnis frozen food terbilang besar sehingga usaha ini patut untuk digali dalam. Dalam menerjuni usaha frozen food memang tidaklah sulit, hanya dibutuhkan beberapa modal dalam jumlah tertentu saja. Potensi bisnis frozen food mamang menggiurkan mengingat setiap tahunnya peminat frozen food terus meningkat. Usaha frozen food menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki sebuah bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan. Mungkin Anda tertarik dengan usaha frozen food! Ingin mengetahui cara menjalankan bisnis frozen food dengan mudah! Bagaimana cara menerjuni usaha frozen food untuk pemula! Mari simak informasi bisnis frozen food selengkapnya di bawah ini :

Peluang usaha untuk frozen food

Peluang untuk bisnis frozen food terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Bisnis frozen food menjadi suatu pilihan bisnis makanan beku yang praktis yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni bisnis tersebut. Peluang untuk bisnis makanan beku yang praktis frozen food masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja. Anda berminat menjalankan pilihan bisnis frozen food ini?


Prospek dalam menjalankan bisnis frozen food

Prospek dalam bisnis frozen food dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana melalui bisnis frozen food dapat mendatangkan keuntungan bombastis. Bisnis yang bergelut dengan olahan frozen food memiliki prospek sangat bagus dalam jangka ke depan. Bisnis frozen food yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih berkembang juga tak pernah sepi akan konsumen.

Memulai bisnis frozen food

Ketika menjalankan bisnis frozen food memang dapat dimulai dengan langkah mudah dan gampang. Dalam menjalankan bisnis frozen food bisa dijalankan dalam kebutuhan modal kecil. Yangmana berkecinampungan bisnis frozen food bisa dilakukan dengan skala rumahan menggunakan modal yang tidak besar.

Pelaku bisnis frozen food

Bisnis frozen food ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin menginginkan bisnis makanan beku yang praktis menguntungkan tersebut. Bagi siapa saja ingin menjalankan bisnis frozen food sangat mudah, proses produksi frozen food mudah juga laba menguntungkan.

Konsumen bisnis frozen food

Konsumen frozen food memang tidaklah sulit, suguhan sensasi nikmat yang disajikan frozen food mampu memikat banyak orang. Konsumen frozen food cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Bahan baku bisnis frozen food

Dalam menjalankan bisnis frozen food memerlukan bahan yang akan dijual. Untuk menjual macam-macam frozen food bisa menjual nugget, bakso, tempura, siomay, kentang, kornet, burger, otak otak, daging, sayuran, bumbu-bumbu dan lainnya. Untuk mencari bahan penjualan frozen food bisa langsung ke pengepul atau agen atau bisa dengan membuatnya sendiri.

Peralatan bisnis frozen food

Dalam bisnis frozen food membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya etalase, mesin pembeku makana , panci, wajan, kompor gas, wadah, nampan, serbet, mesin blender, sendok, spatula, mesin pengemas vakum dan peralatan lainnya.

Lokasi strategis dalam berjualan frozen food

Dalam berjualan frozen food, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Bisnis frozen food dapat membuka gerai, stand atau kios di pinggiran jalan, pusat perbelanjaan, dekat sekolah, dekat rumah sakit, pasar, dekat kampus dan lainnya.

Karyawan bisnis frozen food

Karyawan dalam menjalankan bisnis frozen food bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.

Harga jual frozen food

Patokan harga untuk frozen food dapat Anda buat dalam hitungan per item dimana harga mulai Rp 10.000 hingga Rp 35.000.

Strategi promosi bisnis frozen food

Pemasaran bisnis frozen food bisa dilakukan dengan membuat frozen food yang enak dan menyehatkan. Selain itu dapat memanfaatkan promosi makanan beku yang praktis frozen food dari media sosial baik faceboook, path, whats upp, bbm, instagram dan lainnya. Juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran frozen food lewat menyebarkan berbagai brosur.

Keuntungan dalam menjalankan bisnis frozen food

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang usaha frozen food ini yakni merupakan makanan beku yang praktis yang digandrungi banyak orang.

Kekurangan bisnis frozen food

Segi kekurangan bisnis frozen food ialah frozen food memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat. Sehingga dalam berjualan frozen food dapat diminimalisir dengan membuat frozen food berbeda, sehat dan lebih higienis dalam memenangkan persaingan.

Analisa Bisnis Frozen Food

Asumsi

  • Masa guna untuk etalase selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk kompor dan gas LPG selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk mesin giling daging selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk panci selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk wajan selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk spatula selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk mesin blender selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk talenan selama waktu 3,5 tahun
  • Masa guna untuk pisau selama waktu 3,5 tahun
  • Masa guna untuk baskom selama waktu 3,5 tahun
  • Masa guna untuk meja selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk kursi selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk timbangan selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk sendok selama waktu 3,5 tahun
  • Masa guna untuk timba selama waktu 3,5 tahun
  • Masa guna untuk pengangkat makanan selama waktu 3,5 tahun
  • Masa guna untuk nampan selama waktu 3,5 tahun
  • Masa guna untuk serbet selama waktu 3,5 tahun
  • Masa guna untuk tempat sampah selama waktu 3,5 tahun
  • Masa guna untuk mesin kode kadaluarsa selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk mesin vakuum sealer selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk mesin freezer selama waktu 5 tahun
  • Masa guna untuk peralatan lainnya selama waktu 3,5 tahun

Investasi

Peralatan Harga
etalase Rp. 2,324,000
kompor dan gas LPG Rp. 328,500
mesin giling daging Rp. 1,658,000
panci Rp. 338,200
wajan Rp. 227,500
spatula Rp. 37,200
mesin blender Rp. 212,000
talenan Rp. 27,500
pisau Rp. 38,600
baskom Rp. 42,800
meja Rp. 722,200
kursi Rp. 922,000
timbangan Rp. 126,500
sendok Rp. 43,500
timba Rp. 23,500
pengangkat makanan Rp. 26,500
nampan Rp. 31,250
serbet Rp. 27,200
tempat sampah Rp. 21,500
mesin kode kadaluarsa Rp. 1,247,400
mesin vakuum sealer Rp. 1,756,200
mesin freezer Rp. 2,856,000
Peralatan tambahan yang lainnya Rp. 29,000
Jumlah Investasi Rp. 13,067,050

Biaya Tetap Nilai
Penyusutan gerobak/etalase 1/62 x Rp 2.324.000 Rp. 38,100
Penyusutan kompor dan gas LPG 1/62 x Rp. 328.500 Rp. 5,298
Penyusutan mesin giling daging 1/62 x Rp. 1.658.000 Rp. 26,742
Penyusutan panci 1/62 x Rp. 338.200 Rp. 5,455
Penyusutan wajan 1/62 x Rp. 227.500 Rp. 3,669
Penyusutan spatula 1/44 x Rp. 37.200 Rp. 845
Penyusutan mesin blender 1/62 x Rp. 212.000 Rp. 3,419
Penyusutan talenan 1/44 x Rp. 27.500 Rp. 625
Penyusutan pisau 1/44 x Rp. 38.600 Rp. 877
Penyusutan baskom 1/44 x Rp. 42.800 Rp. 973
Penyusutan meja 1/62 x Rp. 722.200 Rp. 11,648
Penyusutan kursi 1/62 x Rp. 922.000 Rp. 14,871
Penyusutan timbangan 1/62 x Rp. 126.500 Rp. 2,040
Penyusutan sendok 1/44 x Rp. 43.500 Rp. 989
Penyusutan timba 1/44 x Rp. 23.500 Rp. 534
Penyusutan pengangkat makanan 1/44 x Rp. 26.500 Rp. 602
Penyusutan nampan 1/44 x Rp. 31.250 Rp. 710
Penyusutan serbet 1/44 x Rp. 27.200 Rp. 618
Penyusutan tempat sampah 1/44 x Rp. 21.500 Rp. 489
Penyusutan mesin kode kadaluarsa 1/62 x Rp. 1.247.400 Rp. 20,119
Penyusutan mesin vakuum sealer 1/62 x Rp. 1.756.200 Rp. 28,326
Penyusutan mesin freezer 1/62 x Rp. 2.856.000 Rp. 46,065
Penyusutan peralatan lainnnya 1/44 x Rp. 29.000 Rp. 659
gaji karyawan Rp. 1,450,000
Total Biaya Tetap Rp. 1,663,675

Biaya Variabel
nuget Rp. 83,400 x 30 = Rp. 2,502,000
bakso Rp. 122,400 x 30 = Rp. 3,672,000
tempura Rp. 62,800 x 30 = Rp. 1,884,000
siomay Rp. 59,500 x 30 = Rp. 1,785,000
kentang Rp. 45,000 x 30 = Rp. 1,350,000
kornet Rp. 72,500 x 30 = Rp. 2,175,000
burger Rp. 64,000 x 30 = Rp. 1,920,000
otak otak Rp. 81,000 x 30 = Rp. 2,430,000
daging Rp. 232,500 x 30 = Rp. 6,975,000
sayuran Rp. 134,000 x 30 = Rp. 4,020,000
bumbu-bumbu Rp. 48,500 x 30 = Rp. 1,455,000
pengemas Rp. 18,500 x 30 = Rp. 555,000
sabun cuci Rp. 250 x 30 = Rp. 7,500
gas lpg Rp. 18,000 x 30 = Rp. 540,000
sewa tempat Rp. 15,000 x 30 = Rp. 450,000
air dan listrik Rp. 20,000 x 30 = Rp. 600,000
Total Biaya Variabel Rp. 32,320,500

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp. 33,984,175

Pendapatan per Bulan
70 item x Rp. 18,000 = Rp. 1,260,000
Rp. 1,260,000 x 30 hr = Rp. 37,800,000

Keuntungan per Bulan
Laba = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp. 37,800,000 33,984,175 = Rp. 3,815,825

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan = Rp. 13,067,050 : 3,815,825 = 3 bln

Dari analisa di atas dapat disimpulkan apabila bisnis frozen food sangat menguntungkan dimana modal Rp 13,067,050 dengan kentungan per bulan Rp 3,815,825 dan balik modal dalam 3 bulan.

Bisnis frozen food ini tidak dapat berjalan maksimal jika tidak menggunakan mesin pembeku makanan dalam pengolahannya. Pemakaian dari mesin pembeku makanan dibutuhkan agar proses penyimpanan frozen food berjalan lancar dan efektif. Kinerja mesin pembeku makanan yakni menyimpan frozen food dengan praktis dan mudah. Tampilan mesin pembeku makanan sangat modern dimana kinerjanya sangat handal dan berjalan begitu cepat. Penyimpanan frozen food semakin mudah dan praktis dengan menggunakan mesin pembeku makanan . Dibandingkan cara manual memang penyimpanan frozen food menggunakan mesin pembeku makanan tampil lebih mudah dan unggul. Mesin untuk penyimpanan frozen food dengan hasil yang memuaskan dapat Anda miliki langsung lewat Toko Mesin Maksindo. Mesin pembeku makanan dari maksindo tersedia dengan kapasitas kecil hingga besar berkualitas dan mutu terbaik.

Demikian tadi ulasan peluang bisnis frozen food dan analisa bisnisnya yang bisa dijadikan referensi memulai bisnis frozen food tersebut. Tertarik mencoba bisnis frozen food ? Bisnis frozen food menjadi pilihan bisnis sangat menjanjikan. Dalam menjalankan bisnis frozen food jangan lupa untuk menggunakan mesin pembeku makanan agar bisnis berjalan lancar juga maksimal. Semoga informasi mengenai peluang dari bisnis frozen food tersebut dapat bermanfaat dalam kemajuan bisnis makanan beku yang praktis.

Meraup Keuntungan dari Usaha Kukis di tengah Pandemi

Adanya pandemi Covid-19 memang membuat banyak usaha merugi, namun tidak semua, bahkan malah membuka  peluang berkemabngnya usaha lainnya. Salah satunya bisnis makanan. Maklumlah, banyak berdiam di rumah, bikin orangtua harus pintar cari camilan untuk anak mereka. 

Nah, di sinilah soft cookies lantas jadi trending. Cookies berbentuk bulat dengan lelehan cokelat ini memang gampang disukai anak-anak. Alhasil, pengusahanya pun panen rupiah.

Salah satunya Maharani Widia Chandra. Semenjak harus berdiam di rumah saja, Widia jadi suka ngemil kukis. Maka, Widia mencoba untuk membuat soft cookies sendiri.

Rupanya, teman dan saudaranya suka kue bikinannya ini. Dari situlah, Widia dapat ide menjajal usaha soft cookies.

Dagangannya ini dinamai Cascara Cookies. Setelah keluar dari kantor pengacara, saya coba jualan soft cookies di sosial media. Ternyata permintaannya lumayan, ujar Widia yang memulai usaha April lalu.

Awalnya, Widia meladeni tiga sampai lima pembeli saban hari. Sekarang, setidaknya ada 10-20 pemesan kue bikinannya.

Penjualan meningkat saban hari Sabtu dan Minggu. Setidaknya dalam seminggu, dia bisa menjual 100 lebih pieces soft cookies.

Widia memproduksi dua jenis soft cookies, yakni soft cookies tipis (thin) dan tebal (thick). Harganya Rp 18.000 untuk yang tipis, dan Rp 28.000 untuk yang tebal.

Setiap bulan, Widia bisa mengantongi omzet sampai Rp 50 juta . Dari capaian tersebut, Widia mengaku setidaknya mendapat marjin di atas 10%.


Lantas ada Leonard Utomo yang membuat soft cookies dengan merek Endorphins. Menjajal usaha sejak awal April 2020, Leonard yakin bisa meraih pasar kukis di Jakarta.

"Kami yakin dengan produk, branding, foto dan kemasan yang luarbiasa, Endorphins bisa mengambil alih segmen kukis di Jakarta bahkan Indonesia," ucap Leonard.

Keyakinan itu membawa Endorphins meraih kesuksesan di tengah pandemi korona. Leonard bilang meski memulai usaha saat wabah covid-19, namun penjualan kukisnya meningkat.

Dalam sehari, Leonard bilang bisa memproduksi ribuan pieces soft cookies. Dia menghitung selama April hingga Mei, lebih dari 30.000 pieces terjual ke seluruh Indonesia.

Harga jualnya pun beragam, mulai dari Rp 18.000 sampai Rp 25.000.

Meski tak menyebut omzet dan marjin yang diperoleh, Leonard meyakini mampu memberikan produk camilan yang terjangkau secara harga dan dapat dinikmati semua kalangan masyarakat.

Hasil yang manis juga diraih Ida Ayu Irena Herawati. Memulai usaha Pop Cookies sejak pertengahan tahun 2017, Irena tak menyangka pandemi membawa keberuntungan pada usahanya.

Tidak lesu pembeli, pesanan secara online diakui Irena malah lebih banyak. Melihat hal ini, kami memberikan promo menarik dan pelayanan maksimal untuk meningkatkan penjualan, kata Irena.


Irena mnyebut dalam sehari bisa menjual 500 pieces soft cookies. Soal harga, satu pieces dibanderol Rp 18.000. Dia pun menerangkan bisa mendapat omzet Rp 250 juta per bulan.

Capaian omzet memang belum seperti hari raya seperti Idul Fitri dan Tahun baru, imbuh Irena.

Apakah Anda tertarik untuk ikut mencuil manisnya cuan soft cookies? Apa saja persiapan yang dilakukan?


Belajar dan coba-coba dulu membuat soft cookies

Namanya saja berjualan kue, jadi, kalau Anda yang ingin menjajal usaha ini, syarat pertama adalah belajar membuat soft cookies dulu.

Widia, pemilik Cascara Cookies di Kemayoran menjelaskan sebelum siap menjual soft cookies, ada baiknya jika Anda bikin dulu di rumah.

Tak usah ragu atau takut, karena banyak media untuk belajar membuat soft cookies.

"Bisa baca buku resep atau lihat cara pembuatannya di internet, mudah sekali kok," tutur Widia yang juga meniti usaha dari coba-coba membuat kue ini.

Irena, yang sudah lebih dulu terjun di bisnis kue juga menyampaikan saran senada.

Awalnya, Anda harus memiliki kemampuan baking, barulah setelah itu mengembangkan resep yang ada dengan jumlah yang banyak.

Dalam membuat kukis ini, Anda bisa berkreasi dengan banyak rasa. Seperti yang dilakukan Irena di Pop Cookies. Saat ini, ia menawarkan 15 varian rasa kepada pembeli.

Varian itu seperti keju, green tea, caramel, beef n cheezy, hingga kukis vegan tanpa menggunakan telur dan dairy.

Kreasi dalam produksi kukis dirasa penting, pasalnya pembeli yang memesan kukis Anda akan sangat beragam.


Selera mereka harus bisa terpenuhi, sehingga varian rasa yang banyak jadi unggulan. Cara ini pun dilakukan Leonard. Saat ini Endorphins memiliki 6 varian rasa dan vegan untuk pembeli yang intoleransi laktosa atau diet vegan.

Widia menyarankan agar kukis yang disajikan ke pembeli selalu fresh from the oven.

Untuk itu, alih-alih membuat sejumlah soft cookies yang siap makan, Widia menyiapkan adonan yang sudah terbentuk.

Nanti, jika ada pesanan, barulah adonan itu masuk ke oven untuk dipanggang. Alhasil, pelanggan mendapat kukis yang masih segar dan hangat.

Di samping belajar membuat dan berkreasi, Anda harus membeli peralatan usaha. Atau kalau mau hemat, Irena bilang bisa menggunakan peralatan usaha yang sudah ada.

Tidak sulit kok, hanya butuh oven, mixer, dan kulkas.

Nah, peralatan usaha ini, Irena bilang dia menyiapkan modal sekitar Rp 10 juta untuk berbelanja. Sama dengan Widia yang menyiapkan bujet Rp 10 juta di awal usahanya.

Katanya, modal tersebut tak hanya membeli peralatan seperti oven dan mixer, tetapi juga membeli bahan baku seperti tepung terigu, telur, gula, butter dan lainnya.

Kalau dirasa perlu, Anda bisa merekrut pegawai atau bahkan koki yang handal. Seperti yang dilakukan Leonard dan Irena yang menggaet belasan pegawai dan beberapa koki.

Promosi di Media Sosial

Jangan khawatir soal tempat usaha. Widia menggunakan dapur di rumahnya sendiri untuk produksi. Berbeda dengan Irena dan Leonard yang sudah beranjak ke tempat produksi.

Agar produknya laris, maka para pelaku usaha mencari cara untuk memasarkannya. Kebanyakan, pelaku usaha soft cookies mengaku terbantu media sosial seperti Instagram dalam pemasaran.

Selain itu, ada upaya lain, misalnya Irena yang menggunakan bantuan beberapa influencer seperti Magdalena dan Tasya Farasya. Promo paling utama di Instagram.

Apalagi kalau pembeli review, itu akan jadi informasi, agar orang lain jadi tahu tentang Pop Cookies, ujar Irena.

Lewat promosi di akun Instagram, Irena mampu menjangkau calon pembeli di seluruh Indonesia.

Selain berpromosi di media sosial, Irena juga membuka outlet Pop Cookies di beberapa pusat perbelanjaan Jakarta, Bekasi dan Depok.

Sementara Widia hanya menggunakan Instagram untuk memasarkan produknya.

Toh, lewat akun Instagramnya, Widia bisa mendapatkan pembeli dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi hingga luar Jawa.

Supaya promosinya lebih oke, Widia menyarankan untuk Anda menggunakan Instagram ads.

Jadi dari Instagram akan mengatur penayangan akun ke beberapa orang, hingga akhirnya ada pembeli yang memesan, jelas Widia. Untuk tambahan ini, Widia mengeluarkan biaya Rp 20.000 per hari.

Sama dengan Leonard yang mengandalkan Instagram dan komentar pembeli di media sosial miliknya.

Sesekali pun dia menggunakan endorse artis seperti Citra Scholastika, Leony dan influencer lainnya.

Bagaimana? Anda mau ikut jejak mereka? 

Sumber dan judul asli artikel : https://insight.kontan.co.id/news/manisnya-laba-jualan-kukis-di-kala-pandem :  Manisnya Laba Jualan Kukis di Kala Pandemi

21.8.20

Cara Cek Penerima Bantuan Rp. 600 Ribu Untuk Pekerja

Dikutip dari laman BP Jamsostek ada beberapa cara untuk memeriksa status kepesertaan BPJAMSOSTEK:

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan:

Pertama : Daftar atau registrasi dulu di website bpjs ketenagakerjaan : https://www.sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Untuk melakukan pendaptaran akun ikuti beberapa langkah berikut:

1. Masuk ke web BPJS Ketenagakerjaan https://www.sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

2. Pilih menu registrasi atau daftar pengguna

3. Pilih salah satu dari tiga segmen yang sesuai dengan status Anda, yaitu Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU), dan Pekerja Migran Indonesia (PMI)

4. Masukkan alamat e-mail, kemudian tekan tombol selanjutnya

5. Isi formulir sesuai dengan data yang terdiri dari:

* Nama

* Tanggal lahir

* Nomor KTP-el

* Nama ibu kandung

* Nomor ponsel dan e-mail

* Apabila berhasil, kamu akan mendapatkan PIN

* PIN dikirim melalui e-mail dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan.


Jika sudah terdaftar, Anda bisa langsung melakukan proses pengecekan saldo JHT dan status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

1. Masuk ke https://www.sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

2. Masukkan alamat e-mail

3. Masukkan kata sandi

4. Setelah masuk, pilih menu layanan

5. Pada menu layanan, pilih cek saldo JHT

6. Masukkan PIN yang telah dikirim melalui SMS

7. Saldo kamu akan ditampilkan


Cara Cek Saldo Penerima Bantuan Subsidi bagi pekerja melalui SMS

Peserta dapat mengirim pesan SMS ke nomor 2757.

Ketik

Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada) lalu kirim ke 2757

Apa itu subsidi untuk pekerja?

Pemerintah melalui Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Erick Thohir memastikan pencairan subsidi gaji untuk pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta akan dilakukan pada akhir Agustus 2020. Pencairan subsidi gaji tersebut akan dilakukan melalui 2 tahap.

Pertama, untuk gaji bulan September dan Oktober akan dibayarkan pada bulan Agustus, dan kedua untuk gaji bulan November dan Desember dibayarkan pada bulan September.

Mengenai data penerima, Erick menegaskan bahwa penyaluran subsidi gaji bagi pekerja ini berdasarkan data Juni yang masih aktif. Dari total keseluruhan yang akan mendapat bantuan sekitar 15,7 juta orang.

Selain itu, pemerintah juga memberikan rambu-rambu dan aturan terkait calon penerima bantuan subsidi gaji ini.

Hal itu dituangkan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi/Gaji Upah Bagi Pekerja/Buruh dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang ditanda tangani oleh Menaker Ida Fauziyah pada 14 Agustus 2020.

Berikut 6 kriteria pekerja atau buruh yang berhak mendapatkan bantuan subsidi gaji karyawan sebesar Rp 600.000 berdasarkan Pasal 3 dari Permenaker tersebut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan nomor induk kependudukan (NIK)

2. Terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan

3. Pekerja/buruh penerima gaji/upah

4. Kepesertaan sampai bulan Juni 2020

5. Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan yang membayar iuran dengan besara iuran yang dihitung berdasarkan gaji/upah di bawah Rp 5 juta sesuai gaji/upah terakhir yang dilaporkan oleh pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan dan tercatat di BPJS Ketenagakerjaan

6. Memiliki rekening bank yang aktif.